Kapan Spooring dan Balancing diperlukan?

Mobil terkadang mengalami gangguan atau masalah pada kaki kaki sehingga perlu mendapat perawatan. Kerusakan pada kaki akan mengakibatkan mobil tidak dapat berlari mulus diatas aspal. 

Perawatan tersebut tidak selalu mengharuskan untuk mengganti bagian kaki. Agar tidak sampai harus mengganti, maka segera ketahui kondisinya kemudian segera lakukan tindakan penanganan.

Penanganan kaki mobil, pada umumnya dilakukan pada bengkel khusus kaki. Bengkel yang menangani kaki-kaki mobil dikenal sebagai bengkel spooring dan balancing. Sebelum anda yakin perlu membawa mobil anda ke bengkel, anda perlu mengetahui gejala yang memerlukan pengangan spooring dan balancing.
spooring dan balancing

Ciri-ciri Kaki mobil yang perlu mendapatkan penanganan Spooring dan Balancing, antara lain:
  1. Mobil yang digunakan untuk melaju pada jalan lurus dan datar kemudian setir di lepas seharusnya tetap mampu menjaga kestabilan larinya. Bila mobil berjalan tidak lagi lurus sehingga bergerak ke kanan atau kiri, maka perlu diperiksa tingkat keausan pada roda. Biasanya dapat terlihat dari ban aus hanya pada sisi tertentu.
  2. Mobil yang dijalankan pada track lurus dan setir sudah diluruskan tetapi malah bergerak ke kanan atau kiri, maka kemungkinan posisi setir tidak central.
  3. Bila mobil diajak lari dengan kecepatan diatas 80 Km/jam. Setir bergetar bahkan sampai menimbulkan bunyi-bunyian ban yang tidak seimbang.
  4. Bila mobil diajak jalan di jalan mulus tidak bergelombang tetapi terasa guncangan hingga setir berbelok sendiri maka harus segera dibawa ke bengkel untuk mendapat perawatan

Pemeriksaan yang dilakukan dengan teliti dan teratur akan dapat memperpanjang usia komponen mobil. Seringkali bagian kaki mobil hanya perlu di setel. Namun, bila timbul gejala dan dibiarkan saja maka kerusakan akan menjadi parah dan akhirnya mengharuskan penggantian. Fungsi spooring dan balancing adalah mengembalikan setelan kaki-kaki agar sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Untuk proses spooring dan balancing sebenarnya tidak begitu mahal dan prosesnya hanya sekitar 1 jam. Biaya untuk sporing empat roda antara Rp. 90.000 hingga Rp. 150.000. Untuk balancing lebih murah sekitar Rp. 10.000 hingga 20.000. Sedangkan proses finish balance sekitar Rp. 40.000 hingga Rp. 60.000. Harga diatas dapat bervariasi sesuai dengan ukuran velg serta jenis velg racing.

Posting Komentar