Mengenal Suspensi Macpherson Strut
Mengenal Suspensi Macpherson Strut https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXQrQ1CLPxrVE3mlT7a_aHivWOhehulJThxB7wrLyyf1uPHihkp4jj1z_02XE5m4xwjOnnotrOpGicaAB7F3yIQFMWXeXL5ruf7uvi1w9dxraO2hc-ZKQlBrpWBCj8EaTbmbstAQvJEqs/s72-c/machperson+strut.jpg

Mengenal Suspensi Macpherson Strut

Pada spesifikasi mobil, umumnya dituliskan banyak item penting mobil yang dapat digunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli mobil baru. Item-item tersebut contohnya mesin, dimensi, transmisi, dan lain-lain. Salah satu item penting yang dituliskan adalah mengenai suspensi atau kaki-kaki.

Pada mobil-mobil baru jaman sekarang, banyak mobil yang menggunakan suspensi depan dan belakang berbeda. Namun, ada juga yang sama antara bagian depan dan bagian belakang. Untuk Honda Jazz misalnya, suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dan Suspensi Belakang menggunakan H-Shape Torsion Beam. 

Pada tulisan kali ini, Artikel ini membahas tentang Suspensi MacPherson Strut.
macpherson strut

MacPherson Strut dikenal sebagai suspensi yang ukurannya kecil dan murah. Suspensi MacPherson Strut ditemukan oleh Earl S, MacPherson saat bekerja di Pabrik Ford pada tahun 1940. Desain MacPherson Strut dikenal cukup simple.

Pada Macpherson setiap roda diberi lengan (bagian bawah), pegas dan shock absorber. Shock absorber terletak dibagian bawah pegas (per keong), sedangkan bagian yang menempel pada body adalah bagian tengah.

Kelebihan MacPherson

Shock Absorber pada suspensi MacPherson dapat berfungsi mengontrol roda, sehingga machPherson berbeda dengan suspensi yang lain. Dengan konstruksi demikian maka tidak perlu menggunakan upper control arm. Suspensi Macpherson memiliki penenmpatan yang lebih ringkas atau kompak sehingga ruangan dapat dihemat.

Kekurangan MacPherson

Pada mobil dengan suspensi Macpherson, dirasakan adanya body roll, akibatnya terjadi pengendalian yang kurang nyaman. Selain itu Pergerakan roda membuat sudut kemiringan tertentu sehingga kurang baik untuk mobil balap atau mobil sport. Walaupun sudut kemiringan yang terbentuk tidak terlalu terlihat namun tetap saja berpengaruh terhadap laju mobil terutama saat dipacu pada kecepatan tinggi. 

Pemasangan suspensi Macpherson dapat dilakukan di roda bagian depan dan roda bagian belakang. Hampir mirip seperti rivalnya yaitu Double Wishbone.

Bila dibandingkan dengan double wishbone, ternyata pada Macpherson sulit dilakukan penggantian ban yang memiliki tapak lebih besar. Gerakan vertikal pada pegas dapat mengubah sudut chamber.

Kekurangan suspensi Macpherson selanjutnya adalah adanya getaran yang masih terasa akibat dihantarkan melalui rangka. Sehingga bagi pabrikan yang menggunakan suspensi Macpherson perlu merancang peredam anti getaran dan suara.

Posting Komentar