Apa Sebenarnya Kekurangan Sunroof Mobil?
Apa Sebenarnya Kekurangan Sunroof Mobil? https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHT52OadiHlx1CTpvQNNsci1xka6MG1T5ei1hH4vxRoqGgXT6NDanhVrvRtV6htOVUH10IRM-F7mjeO_iVef6fZXRvG3jwFu7jpse4Jo6oWMe6Rl4dzqvRLM1Fbs497zJHIyiHfL2DUC8/s72-c/sunroof+mobil.jpg

Apa Sebenarnya Kekurangan Sunroof Mobil?

Mobil-mobil mewah sekarang ini banyak yang menawarkan sunroof, moonroof, panoramic roof dan ragtop. Secara awam semuanya seperti sama yaitu orang di dalam mobil dapat melihat pemandangan diatas atap mobil. Namun apa perbedaan diantara mereka, Serta kelebihan dan kekurangannya?. Mari kita simak tulisan berikut.
sunroof mobil

Sunroof merupakan panel yang dipasang diatap mobil sehingga cahaya dan udara dapat keluar masuk melalui panel tersebut. Sunroof pada umumnya saat ini dikenal berbahan tempered glass. Namun selain itu ada juga yang berbahan plat. Sunroof memiliki kelebihan yaitu lapisan kaca atau plat metal dapat dibuka, sehingga udara dapat keluar masuk dari celah tersebut.

Moonroof merupakan panel yang fungsinya mirip dengan Sunroof. Perbedaanya adalah pada moonroof penutup celah masuk kedalam atap mobil dapat dibuka sepenuhnya tidak seperti sunroof. Baik sunroof, monroof dan ragtop dapat membantu sirkulasi udara pada kabin mobil ketika dibuka.

Ragtop merupakan panel yang fungsinya sama dengan kedua panel sebelumnya. Perbedaanya adalah terletak pada bahan yang digunakan untuk menutup panel tersebut. Ragtop umumnya berbahan kanvas sehingga dapat dibuka secara penuh higga belakang atap. Ragtop dapat terbuka lebih luas mirip dengan cabriolet namun bedanya pada ragtop yang terbuka bagian plafon saja.

Panoramic roof merupakan kaca yang dipasang diatap mobil yang terus menempel dan tidak dapat dibuka. Panoramic roof berfungsi untuk melihat pemandangan diatas mobil namun tidak seperti sunroof dan moonroof, penumpang tidak dapat membukanya untuk melongok keluar ataupun mendapatkan aliran udara pagi yang segar dari atas atap.

Banyak orang yang ingin memiliki mobil dengan atap yang dapat dibuka. Oleh karena itu banyak pabrikan yang menawarkan atap dengan pilihan seperti diatas. Namun, beberapa orang lebih memilih memodifikasi mobilnya demi mendapatkan panel yang membuat mobil tampak seperti kelas premium. Menurut beberapa sumber ada kekurangan yang perlu diketahui bagi anda yang memilih mobil dengan dilengkapi pilihan panel diatas, antara lain:
  • Di Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada saat hujan ataupun terik matahari seperti saat terkena macet di Jakarta kemungkinan untuk membuka atap sangatlah kecil. Atap baru mungkin dibuka pada saat liburan dan kemungkinan itu jarang. Hingga banyak orang lupa kalau mobilnya memiliki atap yang dapat dibuka.
  • Panel sunroof memiliki bobot antara 25 hingga 35 Kg sehingga otomatis akan berpengaruh pada berat total mobil dan membuat penambahan konsumsi BBM
  • Bila tidak dirawat dapat menimbulkan kemungkinan kebocoran baik pada saat hujan lebat ataupun pada saat dilakukan pencucian. Agar lapisan karet dan mekanisnya lebih awet sebaiknya sunroof setidaknya dibuka tutup minimal sekali dalam sebulan.
  • Harga mobil dengan atap dilengkapi salah satu panel diatas memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan mobil sekelas tanpa panel.



Posting Komentar