Penyebab Knalpot Mobil Berasap Saat Menanjak
Penyebab Knalpot Mobil Berasap Saat Menanjak https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLwECshZyEMq5lmDg-igyiBQ8hBnZtI1V2Q1_q7BBxp2kHWw5xa4wemFc4MytT3_S3sb9fbyu7oHBn5TYYilwY-xeDHh8HP1AJpLR7kmW7gxJ81gSW8xhzlQWRus0x-a8D3Ncd4eD1kBI/s72-c/penyebab-knalpot-mobil-berasap.jpg

Penyebab Knalpot Mobil Berasap Saat Menanjak

Mobil saat digunakan di jalan menanjak seringkali mengeluarkan asap hitam. Asap hitam juga sering terlihat pada mobil yang barusaja pelan kemudian dipaksa melaju, kemudian di gas saat akan mendahului. Sebenarnya apakah yang menyebabkan knalpot mobil berasap hitam dan apakah berbahaya?

Knalpot mobil berasap hitam seringkali muncul pada kendaraan yang sedang dalam putaran mesin (rpm) tinggi. Pada umumnya, asap tersebut akan menghilang bila kondisi mesin sudah normal kembali. 

Pada saat menanjak atau dipaksa melaju dengan digas, mesin memerlukan tenaga besar sehingga seringkali  menyebabkan pembakaran terlalu banyak dan tidak sempurna. Asap hitam tersebut sebenarnya merupakan tanda bahwa ada komposisi yang tidak tepat dari proses pembakaran, menurut Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor.
penyebab knalpot mobil berasap

Asap hitam yang keluar adalah salah satu tanda bahwa saat itu performa mesin menurun sehingga menimbulkan borosnya permintaan bahan bakar pada ruang mesin. Pada umumnya kasus seperti ini banyak muncul pada kendaraan dengan transmisi matic. Namun, ada juga pada kendaraan manual yang lupa pindah gigi di waktu seharusnya.

Pada saat melewati tanjakan kemudian berasap, tetapi setelah jalan normal asap sudah menghilang merupakan tanda bahwa kondisi mesin masih normal. Masalahnya hanyalah pada gigi transmisi yang digunakan tidak pas dengan kebutuhan RPM mesin. Jadi pengemudi seharusnya tepat dan sigap saat perlu memindahkan gigi.

Berbeda bila asap hitam yang terus keluar walaupun sudah digunakan pada jalur normal atau tidak menanjak. Asap tersebut merupakan tanda bahwa ada kemungkinan telah terjadi kerusakan serius yang harus segera ditangani.  Kemungkinan kerusakan tersebut adalah nyala busi yang telalu kecil, Karburator bermasalah, Kebocoran kompresi mesin atau Filter udara yang waktunya ganti.

Sebaiknya sebelum menggunakan mobil anda untuk perjalanan dengan jalur menanjak. Pengemudi telah memahami kondisi kendaraan terlebih dahulu dengan melakukan check ke bengkel. Selain itu pengemudi harus siap dan waspada apalagi terhadap timing kapan harus pindah gigi.  Bila mobil terus berasap sebaiknya segera mendapatkan penanganan sebelum kerusakan merembet kebagian yang lain.
Demikian tulisan kali ini semoga bermanfaat.

Posting Komentar