Menghilangkan Bau Karpet Mobil
Menghilangkan Bau Karpet Mobil https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTmm6BbgAaFlhfFrorO0URE6TwJ_Vn4syg8_m_Eh4PSOxfxqLbCcNXLE13Mb2r9MKiwaOstGCSlEXQtElI70kJ-BfgNbx2kKjNf8lAnfUdrRapTjJQazfEowUzt157q7g7T1WVOnA7FHs/s72-c/Menghilangkan+Bau+Karpet+Mobil.jpg

Menghilangkan Bau Karpet Mobil

Banyak pemilik mobil baru yang seringkali malah mengeluh tidak nyaman dengan bau karpet mobil mereka. Alih-alih sampai ditujuan dengan gembira, malah pusing gara-gara bau karpet mobil yang menyengat. Bagi anda yang juga mengalami hal serupa, maka dalam tulisan kali ini kami membahas Cara Menghilangkan Bau Karpet Mobil. 

Pada umumnya karpet mobil ada dua macam yaitu karpet lantai mobil dan karpet atap mobil. Karpet secara umum fungsinya sama seperti karpet untuk rumah. Karpet pada umumnya berfungsi untuk melindungi bagian dasar mobil ataupun bagian atap mobil. Selain untuk melindungi, karpet juga mempengaruhi nilai estetika mobil. Sehingga mobil terlihat mewah dan nyaman dengan pemilihan bahan karpet. 

Karpet Lantai Mobil


Karpet mobil umumnya mudah dilepas sehingga mudah dibersihkan. Namun seringkali timbul masalah pada karpet baru. Karpet berbau terlalu menyengat sehingga membuat penumpang dan pengendara mobil menjadi tidak nyaman. Untuk menghilangkan bau karpet lantai mobil, anda dapat menggunakan bahan yang berbau lebih nyaman misalnya seperti minyak serai. Cara pakainya sebagai berikut:
  1. Tuangkan 1 botol minyak serai kedalam ember air. 
  2. Masukkan karpet kedalam campuran minyak serai dengan air lalu biarkan selama sehari semalam
  3. Keringkan di pagi harinya lalu cuci dengan shampoo mobil
  4. Keringkan dan coba tes baunya. Bila bau sudah dapat diminimalisir silahkan pasang di mobil.

Menghilangkan Bau Karpet Mobil
Agar karpet tetap bersih dan tidak bau, baca juga cara membersihkan karpet mobil dengan mudah.

Karpet Atap Mobil

Selain karpet lantai, pada sebuah mobil juga terdapat karpet atap. Karpet atap ini sering sekali luput dari pembersihan karena yang biasa dibersihkan adalah bagian bawah saja. Karpet atap terpasang pada plafon mobil didalam kabin. Bila tidak dibersihkan biasanya akan membuat penumpang tidak nyaman karena kotor dan terkadang bisa berbau.

Untuk membersihkan karpet atap mobil, tidak boleh sembarangan, sebab bila salah bisa membuat plafon menjadi kendur, tergores, sobek atau bahkan bila terlalu ditekan bisa berlubang. Maka cara untuk membersihkan karpet atap pada mobil adalah dengan disesuaikan bahan karpet atap mobil.
Menghilangkan Bau Karpet Mobil

Karpet atap Mobil berbahan Beludru
  • Bersihkan dengan lap yang dibasahi dengan air secukupnya atau dengan cairan pembersih yang tersedia di toko asesories mobil. Jangan terlalu basah atau banyak air saat mengelap, maka setelah membasahi lap peras dulu hingga setengah kering baru usapkan pada karpet atap.
  • Gunakan sikat bila perlu dengan sedikit sabun
  • Bila sudah bersih, buka pintu mobil agar suasana dalam mobil kering
  • Pastikan meninggalkan mobil dalam keadaan sudah benar-benar kering


Karpet atap Mobil berbahan Fabric
  • Gunakan lap microfiber dengan cairan pembersih yang disemprotkan pada lap. 
  • Lakukan pembersihan dengan gerakan searah
  • Bila sudah bersih, buka pintu mobil agar suasana dalam mobil kering
  • Pastikan meninggalkan mobil dalam keadaan sudah benar-benar kering


Karpet atap Mobil berbahan Kulit Sintetis 
  • Anda dapat menggunakan cairan khusus kulit untuk membersihkan atap. 
  • Gunakan lap microfiber yang disemprot dengan cairan tersebut
  • lap permukaan karpet atap dengan hati-hati dan tidak terlalu menekan.
  • Bila noda sudah hilang, Lap lagi bila perlu dengan lap kering agar karpet atap yang terbuat dari kulit tidak timbul jamur


Hindari menggunakan vacum cleaner karena bisa membuat karpet atap mobil tersedot dan menggelembung. Bila anda memang ingin menggunakan vacum cleaner, atur dengan daya hisap yang tidak merusak kekuatan karpet menempel pada plafon kabin mobil. Bila anda telah membersihkan noda pada karpet, maka pastikan agar kondisi kabin mobil tidak basah atau benar-benar kering. Agar tidak ada jamur yang mungkin tumbuh disana. Bila perlu tambahkan air purifier agar suasana kabin bertambah segar dan menyenangkan. Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar