Plus Minus Pompa Ban Nitrogen untuk Menghidari Akibat Buruk Ban Kurang Angin

Agar mobil bisa berjalan maka pasti ada ban. Ban merupakan bagian penting mobil. Sebagus apapun mesin dan segala fiturnya tidak akan ada apa-apanya bila bannya sedang bermasalah.

Agar mobil selalu dapat diandalkan, maka ban harus selalu dalam kondisi prima. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam urusan ban adalah tekanan angin ban. Tekanan angin ban yang baik adalah tekanan angin yang dapat menjaga dinding ban agar dapat berdiri. 
Plus Minus Pompa Ban Nitrogen

7 Akibat Buruk Ban kurang Tekanan

1. Bila ban tidak tegak berdiri maka dinding ban akan menekuk atau disebut defleksi. Pada waktu ban tidak diisi udara secara cukup, ban akan menekuk hingga menyebabkan tapak ban melebar. Dengan tapak ban yang melebar menyebabkan gaya gesek antara aspal dengan ban bertambah besar, sehingga juga mempengaruhi kemampuan mesin untuk memutar ban. Seringkali kita rasakan bila ban kurang angin, laju mobil menjadi berat.

2. Selain berat, ban yang kurang angin gaya gesek yang besar dengan aspal dapat menimbulkan kalor atau panas. Dengan kondisi panas, dengan tetap dipacu maka ban akan cepat rusak. Bila ban tidak mampu menahan kondisi panas pada ban dengan tekanan kurang tetap dipaksakan, bisa-bisa ban meledak. 

3. Banyak orang mengira hanya tekanan yang belebihan saja yang dapat menyebabkan ban meledak. Ternyata pada banyak kejadian, malah sebaliknya. Ban dengan kondisi kurang angin yang lebih sering meltus. Bahkan ban yang mengalami kelebihan tekanan hingga batas 10psi, masih dapat digunakan dengan aman. 

4. Bila ban tidak digunakan untuk melaju dan hanya diparkir ternyata juga kurang baik. Ban yang kurang tekanan dan dibiarkan terparkir lama di sudut ruangan ternyata dapat menimbulkan dinding ban retak-retak ketika diisi hingga tekanan yang direkomendasikan. 

5. Kendaraan dengan ban yanga kurang tekanan menjadi boros bahan bakar. Mesin membutuhkan tenaga untuk memutar ban yang kurang angin. Dengan tenaga yang besar maka mesin juga mengambil bensin dalam jumlah yang besar.

6. Gesekan ban dengan aspal dapat menyebabkan Ban menjadi tidak rata. Karena pinggiran ban menggerus aspal dan bagian dindingnya tertekuk maka dapat membuat bagian samping sudut ban menjadi cepat habis. 

7. Ban menjadi mudah Benjol, karena dinding ban menekuk akibatnya sisi ban mudah sekali terdeformasi. Ban menjadi mudah benjol, kalau sudah begini maka ban wajib diganti karena tidak nyaman dan berbahaya.

Obat dari segala hal yang disebabkan oleh ban kurang tekanan diatas adalah mengisi ban dengan tekanan yang sesuai standart yang direkomendasikan. Oleh sebab itu periksalah kondisi ban secara teratur, dan segera isi tekanan bila kurang.

Bila kendaraan mengangkut muatan penuh, sebaiknya tekanan ban ditambah hingga 3 psi dari tekanan yang direkomendasikan. Untuk menjaga deflesi maka jalan terbaik adalah dengan mengisi tekanan yang cukup pada ban. 


Pompa ban nitrogen

Untuk mengisi angin ban saat ini banyak pompa ban nitrogen disetiap pengisian bahan bakar. Nitrogen sekarang banyak direkomendasikan untuk menjadi gas pengisi udara tekanan ban. Karena Nitrogen memiliki banyak kelebihan.

Sifat Nitrogen

Nitrogen adalah gas yang memiliki lambang N dalam tabel periodik pelajaran kimia. Nitrogen dinamakan juga zat lemas karena tidak beraksi dengan unsur lainya. Sifat nitrogen antara lain tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau dan bukan golongan zat yang reaktif. Sehingga sulit bereaksi dengan unsur senyawa yang lain.

Fungsi Nitrogen sebagai Gas Pengisi Ban, memiliki kelebihan antara lain:
  • Daya cengkram ban lebih baik akibat grip yang baik dan tekanan lebih tahan lama.
  • Karena tekanan tidak mudah berkurang maka, ban selalu dalam kondisi prima dan BBM menjadi lebih hemat
  • Kestabilan pengendalian pengendaraan lebih baik akibat ban yang memiliki tekanan sesuai standart
  • Hemat ongkos, karena tekanan ban tahan lama jadi tidak sering menambah angin ke tukang ban.

Kekurangan penggunaan Gas Nitrogen
  • Harga pengisian diawal terbilang lebih mahal dari pengisian angin biasa
  • Perawatan untuk mengisi kembali sebaiknya tetap menggunakan gas nitrogen tidak dicampur angin biasa agar kondisi ban tetap prima
  • Karena harga pengisian mahal, masih ada juga orang yang tidak bertanggung jawab dengan menjajakan pengisian angin biasa dengan label gas Nitrogen.


Posting Komentar