Begitu Rumitkah Cara Kerja Mesin Turbo?

Apa itu Turbo

Turbocharger adalah suatu perangkat yang bekerja pada suhu tinggi dengan memanfaatkan gas buang kendaraan untuk memperkaya dan mempercepat jumlah udara yang dimasukkan ke ruang bakar mesin. Dengan cara tersebut dapat meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang.


cara kerja mesin turbo

Dapatkah mesin Turbo dipasang di mesin Bensin, atau hanya mesin Diesel saja?

Mesin turbo plus intercooler langsung dari pabrikan umumnya memang dikenal dan populer ada di mesin diesel. Biasanya produk pabrik tersebut memiliki tulisan turbocharged and intercooled di spesifikasinya. Namun, mesin bensin pun bisa ditambah turbo. Contohnya ford yang memasang turbo pada mesin EcoBoostnya, sehingga di anugerahi penghargaan enggine of the year berturut-turut. Bahkan yang lebih baru lagi dan mulai masuk ke Indonesia adalah honda civic Turbo.

Keuntungan menggunakan mesin turbo

Turbo memberikan peningkatan tenaga mesin, walaupun mesin berukuran kecil bila dipasang turbo tenaganya sama atau bahkan lebih besar dari mobil bermesin besar non turbo. Dengan alasan tersebut, maka sekarang ini banyak pabrikan mobil yang mengganti mesinnya dengan mesin lebih kecil dengan dilengkapi turbo.

Turbo memberikan efisiensi yang lebih baik terhadap bahan bakar. Mesin dengan turbo yang lebih kecil bila di bandingkan dengan mesin besar dengan tenaga yang sama, terbukti mampu menghemat bahan bakar lebih baik. Dengan kata lain mesin turbo dibandingkan non turbo pada saat mencapai tenaga yang sama, mesin dengan turbo lebih irit bahan bakar.

Selain itu juga mesin turbo dapat memberikan torsi yang lebih besar. Artinya pada putaran bawah mesin turbo mampu memberikan tambahan tenaga sehingga mobil lebih responsif. Pada saat mobil berhenti kemudian dipacu mobil dapat berakselerasi lebih baik. Oleh karena itu mesin turbo sangat disukai orang yang suka balapan jarak pendek sekalipun.

Mesin turbo dapat meredam suara intake mesin. Sehingga membuat mesin lebih senyap. Dengan suara lebih senyap berkendara lebih nyaman.


Kekurangan mesin Turbo

Turbo bekerja pada suhu tinggi sehingga suhu mesin dapat menjadi sangat panas hingga 700-800 derajat celcius. Oleh karena itu perlu dipasang intercooler untuk mendinginkan suhu udara. Sistem minyak pendingin perlu ditambahkan agar turbo tidak bekerja terlalu panas. Disarankan menggunakan oli yang lebih kental  karena oli yang encer tidak dapat membantu proses pelumasan turbo. 

Mesin turbo yang kurang memperhatikan proses pendinginan setelah dipakai akan menghasilkan kerak sehingga membuat poros turbin turbo  menjadi kendur, dan sil-sil akan gampang berasap karena oli bocor setelah dua tahun pemakaian.

Selain kekurangan diatas, mesin turbo juga harus ditebus dengan harga yang terbilang mahal. Oleh karena itu mesin yang belum turbo dan kemudian dijadikan turbo akan membuat anda perlu menganggarkan dana yang cukup besar.


Posting Komentar